Manajemen perkantoran adalah rangkaian aktifitas
merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengawasi, dan mengendalikan
hingga penyelenggaraan terhadap suatu hal berjalan tertib. Dalam perkantoran
modern segala kegiatan manajemen perkantoran dikerjakan dengan menggunakan
alat-alat otomasi perkantoran, diantaranya adalah perangkat komputer dengan
berbagai software yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan-kegiatan
perkantoran, perangkat komunikasi yang memadai, kantor virtual, organisasi
virtual, dan lain-lain.
Sistem informasi teknologi dibutuhkan dalam manajemen
perkantoran modern dalam menjalankan aktifitasnya, yaitu untuk mencatat segala
transaksi yang terjadi dalam kegiatan perkatoran tersebut, selain itu juga
untuk mengolah data-data transaksi tersebut sehingga menjadi informasi yang
lebih berguna berbentuk laporan. Dari waktu ke waktu informasi mengalami
perkembanagan yang sangat cepat seiring dengan perkembangan ilmu teknologi
informasi, dengan berkembangnya teknologi informasi maka para pengguna informasi
semakin mudah memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan, namun perkembangan
tersebut harus di imbangi dengan perkembangan Sumber daya manusia dan didukung
dengan media atau sarana informasi yang memadai.
Informasi dalam perkantoran merupakan informasi yang selalu
bisa digunakan oleh pelaku atau personel yang beraktifitas didalam kantor
tersebut ataupun berupa informasi yang sifatnya untuk umum. Dengan bebagai
macam jenis maupun tingkat pentingnya suatu informasi yang harus disampaikan
antara sumber-sumber informasi dengan penerima informasi, maka perlu adaya
pengaturan sistem didalam pengelolaan informasi tersebur, yang biasa disebut
sebagai Sistem Informasi Manajemen Perkantoran. Sistem tersebut bejalan dan
berkembang didalam perkantoran dan merupakan Sumber daya konseptual sangat
penting untuk mendukung berlangsungnya aktifitas perkantoran. Berdasarkan
pemaparan diatas kami tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai Pemanfaatan
teknologi informasi pada suatu kantor.
Teknologi Informasi
Pengertian teknologi Informasi yang mudah dipahami adalah:
“perolehan, pemorosesan, penyimpanan dan penyebaran informasi baik yang
berbentuk angka, huruf, gambar, maupun suara dengan suatu alat electrinics
berdasarkan kombinasi antara perhitungan (computing) dan komunikasi
jarak jauh (telecomunications)”.
Perlu diketahui apabila pada masa lalu penanganan infoemasi
mengandalkan pada kertas, artinya semakin banyak informasi semakin banyak
kertas dibutuhkan atau disimpan, sedangkan sekarang, hal itu beralih
kepada “impulses” elektrik yang berukuran mini dengan
kemampuan simpan lebih besar dibandingkan kertas; misalnya sekarang atu
disket/floppy dapat memuat atau diisi sejumlah informasi dari satu buku
berukuran sedang. Tidak dipungkiri bahwa peranan kertas akan tetap penting
sebagai media penyajian informasi atau tukar menukar informasi antar manusia
atau oragnisasi (sering diistilahkan sebagai “hardcopy”).
Kantor adalah tempat dan proses penanganan informasi. Dari
pengertian ini dapat dipahami bahwa pekerjaan kantor adalah semua kegiatan yang
bertalian dengan penanganan informasi yang berkaitan dengan bidang tugas dari
kantor/instansi yang bersangkutan. Pengertian teknologi Informasi yang mudah
dipahami adalah: “perolehan, pemprosesan, penyimpanan dan penyebaran informasi
baik yang berbentuk angka, huruf, gambar, maupun suara dengan suatu alat electrinics berdasarkan
kombinasi antara perhitungan (computing) dan komunikasi jarak jauh (telecomunications)”.
Ada tiga komponen utama teknologi informasi, yaitu komputer,
mikro elektronik, dan telekomunikasi.
- Komputer,
yakni mesin elektronik yang mampu untuk membuat kalkulasi dengan kapasitas
yang besar dan sangat cepat.
- Mikro
elektronik, yaitu rancang bangun (design) penerapan dan produksi dari
peralatan elektronik yang berukuran sangat kecil, terdiri atas
komponen-komponen yang rumit.
- Telekomunikasi
adalah transmisi informasi melalui kabel atau gelombang radio.
Peranan Teknologi Informasi
Adanya kemajuan teknologi, khususnya teknologi informasi
mempunyai pengaruh yang besar terhadap pekerjaan kantor. Pekerjaan kantor dapat
dilaksanakan dengan mudah dan cepat. Di bawah ini dapat dilihat bagaimana
teknologi informasi dapat membantu masing-masing pekerjaan kantor.
1. Penanganan Surat dan Pembuatan Laporan
Dengan diciptakannya mikro komputer yang sekaligus dapat
berfungsi sebagai word processor, maka dengan menggunakan komputer
semacam ini penyelesaian surat-surat dan laporan sangat dipermudah,
cepat, dan cermat.
Ada tiga jenis dasar word processor :
- Word-processor yang
berperan sendiri dalam hal ini sifat penggunaan word processor
independen, dan hanya digunakan untuk pengolahan teks, terdiri
atas keyboard , processor, memory,layar,dan printer.
- Beberapa word
processor digunakan secara bergabung sebagai suatu sistem,
terdiri atas beberapa keyboard dan layarnya yang
dihubungkan dengan komputer sentral yang berfungsi sebagai pusat
pengolahan, penyimpanan dan pencetakan.
- Beberapa micro
computer dengan tujuan umum di mana digunakan program pengolahan
kata (a word-processing program).
Terdapat beberapa keuntungan dari penggunaan word-processor :
- Meningkatkan
produktivitas dalam pengolahan dokumen, laporan atau surat, dan
sebagainya.
- Menambah
kepuasan kerja
- Meningkatkan
kualitas dan konsistensi hasil akhir (output)
- Menghemat
tenaga
- Mempermudah
mengedit atau mengolah kalimat
- Mempermudah
memperoleh kembali data yangtersimpan
- Kemampuan
untuk mengintegrasikan wordprocessor dengan
komputer-komputer lainnya.
Beberapa kerugian juga ada dalam penggunaan word-processor.
- Memerlukan
perubahan baik tata ruang fisik maupun prosedur kerja yang ada
- Memerlukan
pelatihan yang memadai
- Menimbulkan
gangguan pada mata karena terlalu banyak di muka layar
- Mengurangi
kesempatan kerja seperti pekerjaan kesekretariatan.
2. Komunikasi Perkantoran
Komunikasi dapat diartikan sebagai proses penyampaian pesan
dari seseorang kepada orang lain melalui saluran. Komunikasi merupakan sarana
yang menghubungkan orang-orang dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama.
Dengan pesatnya kemajuan teknologi modern, alat-alat komukasi
beraneka-ragam, sarana komunikasi semakin canggih yang kita kenal dengan
telekomunikasi (telecommunication) berasal dari kata teleartinya
pemindahan jarak jauh dan communication yang berarti hubungan.
Dalam pengertian yang sederhana, telekomunikasi adalah cara penyampaian
informasi jarak jauh melalui kabel/kawat listrik atau melalui gelombang radio.
Telepon dan telegram merupakan telekomunikasi yang cukup tua.
Dengan kemajuan teknologi informasi, maka telekomunikasi
makin dipermudah dan dipercepat. Informasi tidak saja dapat dikirimkan dalam
bentuk kata-kata dan sandi-sandi seperti halnya dapat dilakukan melalui telepon
dan telegram, tetapi dapat dikirim dalam bentuk tulisan, angka, maupun gambar.
Berkat kemajuan teknologi informasi tersebut, sekarang jenis komunikasi yang
termasuk ke dalam telekomunikasi makin bertambah jumlahnya.
3. Pengiriman Surat
Setelah berkembangnya teknologi informasi yang diterapkan
pada telekomunikasi, pengiriman surat, terutama pengiriman surat jarak jauh,
dilakukan dengan pesawat elektronik, karena itu dikenal nama Pos
Elektronik (Electronic Mail). Karakteristik utama dari electronic
mail adalah transmisi informasi dari satu tempat ke tempat lain atau
dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan metode elektronik
penangkapan, pentransmisian, dan penyampaian informasi. Karena informasi
disampaikan secara visual, maka teks aslinya tidak perlu dikirimkan. Yang
termasuk ke dalam pos elektronik adalah teleks, faksimile, dan komunikasi antar
komputer.
4. Tata laksana Arsip/Filing
Komputer mikro sangat membantu dalam hal pelaksanaan
pekerjaan mengarsip/filing warkat-warkat. Arsip yang semula berupa
tumpukan kertas dan disimpan di gedung arsip, sekarang arsip dapat disimpan di
dalam disket-disket, CD, flashdisk. Dengan demikian penyimpanan
arsip sekarang beralih kepada penyimpanan dan pemeliharaan yang
memerlukan tempat jauh lebih sedikit dari pada gudang arsip dalam bentuk
kertas.
Otomatisasi Kantor
Otomatisasi Kantor (Office Automation) atau OA adalah
Penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan informal
terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang di dalam dan
di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas.
Otomatisasi
Kantor merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui
perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas
pekerjaan. Asal mula otomatisasi kantor di awal 1960-an, ketika IBM menciptakan
istilah word processing untuk menjelaskan kegaitan devisi
mesin tik listriknya. Bukti nyata, pada tahun 1964, ketika IBM memasarkan mesin
yang disebut Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu
mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik
secara otomatis.
Para pengguna OA :
- Manajer,
orang-orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan,
terutama SDM.
- Profesional,
menyumbangkan keahlian khusus yang membedakan mereka dengan sekertaris dan
pegawai administrasi.
- Sekertaris,
ditugaskan oleh professional untuk melaksanakan berbagai tugas seperti
menangani korespondensi, menjawab telepon dan mengatur jadwal pertemuan.
- Pegawai
administrasi, melaksanakan tugas-tugas untuk sekertaris, seperti
mengoperasikan mesin fotokopi, menyusun dokumen, menyimpan dokumen, dll.
Tujuan otomatisasi kantor
Otomatisasi kantor dimaksudkan untuk mempermudah pekerjaan
dan memperpendek jarak dan waktu. Untuk lebih jelasnya, tujuan otomatisasi
kantor adalah:
- Pemanfaatan
yang seefisien mungkin atas uang, tenaga kerja, material, waktu dan mesin
atau alat-alat kerja.
- Pemeliharaan
kecepatan dan ketepatan prosedur kerja.
- Meningkatkan
produksi.
Aplikasi Otomatisasi Kantor
- Pengolahan
Kata (word Processing).
Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan
banyak tugas-tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang akan diketik
atau dicetak.
contoh: Microsoft Word, Word Perfect, Open
Office, dll
- Surat
Elektronik (electronik mail).
Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai
mengirim, meyimpan dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal
komputer dan alat penyimpanan.
contoh: yahoo mail, google mail , dll.
- Voice
Mail.
Memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audio
dalam bentuk digital dan kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk audio saat
dipanggil.
- Kalender
Elektronik (electronik calendaring)
Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil
kalender pertemuan manajer. Manajer atau sekertaris manajer dapat memasukkan
pertemuan-pertemuan, membuat perubahan, meneelaah kalender itu dengan
menggunakan terminal keyboard. Kalender elektronik sangat bermanfaat bagi
manajer tingkat atas yang yang memiliki jadwal pertemuan yang sangat padat.
- Konfrensi
Audio
Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu
hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk
melaksanakan konfrensi. Conference call merupakan bentuk
pertama konfrensi audio yang masih digunakan.
- Konfrensi
Video
Penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan para
peserta konfrensi yang tersebar secara geografis. Peralatan tersebut
menyediakan hubungan audio dan video.
- Konfrensi
Komputer
Penggunaan jaringan komputer untuk memungkinkan para anggota
tim pemecah masalah bertukar informasi mengenai masalah yang akan dipecahkan.
- Transmisi
Faximile (facsimile transmission)
Penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca dokumen pada
satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinannya diujung yang lain. FAX
berkontribusi pada pemecahan masalah dengan membagikan dokumen kepada para
anggota timpemecah masalah secara mudah dan cepat.
- Videotex
Penggunaan komputer untuk menampilkan pada layar materi narasi
dan grafik yang tersimpan.
- Desktop
Publishing
Penggunaan komputer untuk menyiapkan output tercetak
yang kualitasnya sangat baik. Tampilan layar persis sama dengan salinan kertas
yang akan dihasilkan oleh printer laser.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan aplikasi Otomatisasi
Kantor
- Jenis
Organisasi, yaitu seorang manajer diperusahaan dengan satu lokasi tidak
akan mempertimbangkan konferensi audio dan video.
- Pilihan
pribadi, manajer yang memilih komunikasi tatap muka tertarik pada
konferensi video dan memanfaatkan kalender elektronik.
- Sumber
daya OA yang tersedia paduan manajer dibatasi oleh sumber oleh sumber daya
OA yang tersedia dalam perusahaan.
Referensi:
hirakos.(2011). Implementasi Teknologi Informasi
Untuk Keunggulan Kompetitif Perusahaan [online]. Tersedia:
http://hyrra.wordpress.com/2011/10/01/implementasi-teknologi-informasi-untuk-keunggulan-kompetitif-perusahaan/ (26
November 2011)
Raymond McLeod,Jr. Sistem Informasi Manajamen.
PT Prenhaslindo, Jakarta. 2001. Searching Google
Yaqin, Ainul.(2009).Peranan teknologi informasi khususnya
system informasi dalam manajemen perkantoran modern [online].
Tersedia: http://yaqinov.wordpress.com/2009/03/13/peranan-teknologi-informasi-khususnya-system-informasi-dalam-manajemen-perkantoran-modern/ (26
November 2011)
No comments:
Post a Comment
Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.