Monday, May 16, 2011

Tips & Trik membeli Bensin


Selamat pagi kawan kawan blogger, pagi ini ane mau ngasih tips dan informasi membeli Bensi/Bahan Bakar Minyak. khususnya untuk para pengendara yang sering menggunakan kendaraan pribadinya maupun mobil/motor untuk bepergian menjalani aktivitas sehari-harinya, yuk langsung aja disimak :



1. Diusahakan untuk tidak mengisi bensin pada waktu siang hari, usahakan pagi atau malam hari, Karena tangki di SPBU tidak memiliki kompensasi suhu di pompa BBM untuk menyesuaikan dengan gravitasi dan suhu BBM. Jadi setiap derajat suhu udara memiliki pengaruh besar dalam total penalaran untuk BBM. Misalnya kita mengisi 100 % nah dapetnya cuma 98 %.



2. Biasakan untuk mengisi BBM ketika tangki mulai kosong setengahnya jangan sampai tangki bensin tersebut benar benar kosong sekali. Dikarenakan banyak ruang kosong pada tangki akan mengundang banyak udara yang bersifat memicu penguapan. Tangki yang terjaga isinya akan membuat fuel pump tetap terendam dalam BBM sehingga dapat tetap bekerja optimum. Ini terutama berlaku bagi mobil yang relatif baru, yang mulai diproduksi sekitar 1990-an. Fuel pump yang tetap terendam dalam BBM juga terhindar dari panas. Tangki kosong akan membuat fuel pump mudah panas.


3. Sebisa mungkin untuk tidak mengisi BBM di SPBU yang sedang 
menerima suplai dari truk tangki hal ini dikarenakan BBM dari truk ke dalam tangki penyimpanan SBPU akan membuat sisa-sisa BBM beserta kotoran di dalam tangki seperti teraduk. Kotoran dari tangki penimbunan SPBU ini bisa berpindah ke dalam tangki kendaraan anda, hal yang sangat mengerikan bukan.


4. Bagi Anda yang menyayangi kendaraan Anda sebaiknya hindari mengisi dengan premium karena setelah diteliti sebenarnya spesifikasi dan kandungan premium sudah tak sesuai dengan spec mesin modern dan dapat merusak mesin. salah satu faktor adalah nilai oktan yang tidak sesuai walau tertera RON 88 tapi ternyata hampir tidak ada premium yang oktannya 88, paling tinggi pun paling sekitar 85 dan banyak yang menyentuh angka terendah sampai 76. bayangkan spec 88 saja sudah tidak sesuai dengan spec kompresi mesin kendaraan saat ini.. apalagi 76?? belum lagi kandungan sulfur yang dapat merusak pompa bensin dan karburator bila anda tetap menggunakan premium dengan beralasan masalah ekonomi yah saya ga bisa bilang apa apa paling irit di bensin tapi boros di sparepart hehehe


5. sebaiknya cari pom bensin yang ada tulisan "Pasti Pas" karena biasanya mesinnya selalu diuji secara berkala untuk keakuratan kapasitasnya

6. Jangan menelpon ketika sedang di pom bensin, karena pengaruh gelom EM dari HP tersebut berpengaruh pada komponen digital di pom bensin yang dapat menyebabkan konsleting pada device dan memicu adanya percikan api

8. kalo mengisi bensin jangan sampai penuh. cukup sampe bunyi "klek" (biasanya kan suka ditambahin terus sama petugas spbunya). biar ada ruang untuk pemuaian 


1 comment:

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.