Monday, January 19, 2015

Hidup Rukun Beragama di Indonesia


Kerukunan mempunyai artinya penopang yang memberi kedamain dan kesejahteraan kepada penghuninya. secara luas bermakna adanya suasana persaudaraan dan kebersamaan antar semua orang walaupun mereka berbeda secara suku, agama, ras, dan golongan. 


Bangsa Indonesia memiliki kepercayaan dan keyakinan, bahwa hidup dan mati di takdirkan oleh Tuhan. Oleh karena itu bangsa Indonesia percaya dan yakin kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agamanya masing-masing. Orang Indonesia  memeluk dan meyakini ajaran agamanya, itu berarti menjadi manusia Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bermartabat tinggi, serta manusia yang berbudi pekerti luhur sehingga akan memperoleh kemajuan didunia dan kebahagiaan diakhirat.


Negara Indonesia yang terdiri dari beribu-ribu pulau yang didiami oleh berbagai macam suku, mempunyai beraneka ragam bahasadaerah dan adat istiadat, serta penduduknya memeluk beberapa macam agama. Setiap keyakinan agama senantiasa membawa manusia untuk hidup baik, teratur, bersusila, berbudi pekerti luhur, dan beramal yang semuanya itu ditujukan guna memperoleh kemajuan di dunia dan kebahagiaan diakhirat.
Terdapat dua jenis kerukunan beragama di Indonesia diantaranya yaitu :
  • Kerukunan antar pemeluk agama yang sama, yaitu suatu bentuk kerukunan yang terjalin antar masyarakat penganut satu agama. Misalnya, kerukunan sesama orang Islam atau kerukunan sesama penganut Kristen. Kerukunan antar pemeluk agama yang sama juga harus dijaga agar tidak terjadi perpecahan, walaupun sebenarnya dalam hal ini sangat minim sekali terjadi konflik.
  • Kerukunan antar umat beragama lain, yaitu suatu bentuk kerukunan yang terjalin antar masyarakat yang memeluk agama berbeda-beda. Misalnya, kerukunan antar umat Islam dan Kristen, antara pemeluk agama Kristen dan Budha, atau kerukunan yang dilakukan oleh semua agama. Kerukunan antar umat beragama lain ini cukup sulit untuk dijaga. Seringkali terjadi konflik antar pemeluk agama yang berbeda.
Keyakinan masing-masing agama yang berbeda-beda, tidak berarti para pemeluknya harus terpecah belah. Tapi dengan berpegang pada pandangan hidup dan dasar negara yang sama, maka Kita bersatu sebagai bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Referensi :
https://patriotindo.wordpress.com/2012/08/22/kehidupan-rukun-damai-antar-umat-beragama/
https://elsietelibertador76.wordpress.com/2013/01/22/kerukunan-umat-beragama/

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.