Saturday, September 27, 2014

Perbedaan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Sosial Dasar

                          Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang ada didalam masyarakat yang mempelajari tentang manusia dalam lingkungan hidupnya dan memahami hubungan sosial dalam bermasyarakat. Ilmu pengetahuan sosial juga dapat memberikan kita pelajaran agar kita dapat berinteraksi denganbaik dan benar agar tujuan kita berinteraksi tersebut dapat di pahami dengan baik dimasyarakat sekitar,seperti pada contoh pada saat kita sedang berbicara kepada orang yang lebih tua, nada suara kita jangan terlalu tinggi karena itu terkesan tidak sopan. sedangkan menurut Leonard S. Kenworthy mengatakan Pengetahuan Sosial adalah studi tentang manusia untuk menolong siswa mengenal dirinya maupun orang lain, di dalam suatu masyarakat yang sangat bervariasi, baik karena perbedaan tempat atau waktu sebagai individu maupun kelompok dalam memenuhi kebutuhannya melalui berbagai institusi seperti halnya manusia mencari kepuasan batin dan masyarakat yang baik. 

                         Sedangkan Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu masalah-masalah di dalam sebuah masyarakat, agar dapat memberikan pengetahuan dan pengertian tentang konsep-konsep yang dirancang untuk mengkaji masalah manusia. Seperti pendapat G. LENA DOMINELLI Ilmu Sosial Dasar adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya.

                        Dilihat dari sisi tujuannya Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk membekali seseorang dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat, serta dapat mengidentifikasi, menyusun dan menganalisa suatu masalah sosial yang sedang terjadi di dalam masyarakat. Dan juga tak lupa yang tak kalah pentingnya tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah agar dapat berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat supaya tercipta kerukunan yang tentram. Sedangkan Ilmu Sosial Dasar bertujuan untuk pembentukan suatu kepribadian dan perluasan wawasan, pengetahuan dan pemikiran tentang sesuatu yg timbul di dalam sebuah lingkungannya, karena dengan begitu seseorang Dapat memahami masalah sosial yang ada di dalam masyarakat 


                          Setelah di jelaskan pengertian dan tujuan dari masing masing ilmu diatas, maka perbedaan nya adalah Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang sudah ada di masyarakat serta bertujuan untuk membekali seseorang dengan pengetahuan sosial agar dapat berkomunikasi dengan baik dengan lingkungan sekitarnya sehingga dengan terlaksananya komunikasi yang baik akan menimbulkan suatu kondisi yang aman dan tentram dalam masyarakat Sedangkan Ilmu Sosial Dasar mempelajari tentang masalah masalah yang ada di dalam masyarakat nya. Dengan kata lain, ilmu tersebut tercipta untuk memberikan solusi untuk pemecahan-pemecahan permasalahan yang ada di dalam masyarakat agar kehidupan bersosial kembali nyaman dan tentram.



Referensi :

http://massofa.wordpress.com/2010/12/09/pengertian-ruang-lingkup-dan-tujuan-ips/                  
http://www.tuanguru.com/2012/07/pengertian-ilmu-pengetahuan-sosial-ips.html

2 comments:

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.