Sunday, September 28, 2014

Kebudayaan Keluarga Sunda

               
                     Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan kebudayaan, tak dapat dipungkiri bahwa Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang memiliki ciri dan karakter masing-masing dari setiap budaya mulai dari sabang sampai merauke. 
Masyarakat Indonesia merupakan suatu masyarakat majemuk yang memiliki keanekaragaman di dalam berbagai aspek kehidupan. Tidak ada masyarakat yang tidak memiliki kebudayaan begitu juga sebaliknya tidak ada budaya tanpa ada masyarakat di dalamnya. Dilihat secara kenyataannya bangsa Indonesia adalah bangsa yang plural maka dari itu banyak sekali suku bangsa di Indonesia. Setiap suku bangsa akan selalu mempunyai ciri khas kebudayaan nya masing-masing yang tentunya akan berbeda-beda pada setiap sukunya. Suku Sunda adalah salah satu suku bangsa yang ada di daerah Jawa. Sebagai salah satu suku bangsa Indonesia, suku Sunda memiliki karakteristik yang membedakannya dengan suku lainnya, yaitu keunikan dari kebudayaan yang dimiliki baik dari segi mata pencaharian, agama, kesenian, dan lain sebagainya.


                      Suku Sunda adalah sebuah kelompok etnis yang berasal dari bagian barat pulau Jawa. Lebih tepatnya dari Ujung Kulon pulau Jawa hingga sekitar Brebes. Jawa Barat adalah provinsi yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak di Indonesia karena letaknya yang sangat dekat atau bahkan bersebelahan dengan ibu kota negara ini. Sebagian besar penduduk daerah Jawa Barat adalah orang-orang yang berasal dari suku Sunda yang merupakan penduduk asli provinsi ini. Suku lainnya yang menempati Jawa Barat adalah suku Jawa, suku Betawi, suku Minang, dan suku Batak. Sebagian besar dari mereka semua banyak yang mendiami kota-kota besar di Jawa Barat seperti contohnya kota Bandung, Cimahi, Bekasi, dan Depok. Tak luput saya sebagai penulispun adalah orang Sunda :) . Saya dilahirkan oleh kedua orang tua saya di Depok tetapi kedua orang tua saya adalah orang Sunda khususnya Subang, Jawa barat maka dari itu salah mempunyai kebudayaan keluarga Sunda.


                     Hampir semua orang Sunda beragama Islam, hanya sebagian kecil dari mereka yang beragama selain agama Islam, diantaranya adalah mereka yang beragama Katolik, Protestan, Hindu, Budha. Upacara-upacara adatpun masih sering dilakukan oleh orang Sunda, mereka masih memegang teguh kebudayaan leluhurnya. Sedangkan keseimbangan sosial tetap dipertahankan dengan cara saling menolong gotong royong jika ada suatu kegiatan yang memang harus dilakukan bersama-sama. Suku Sunda pada umumnya hidup dengan bercocok tanam, kebanyakan dari mereka adalah bekerja sebagai petani karena tanah yang lumayan cukup subur disana ditambah banyak lahan lahan kosong yang dapat di jadikan sawah untuk bercocok tanam. Walaupun begitu, tidak sedikit juga yang berprofesi selain menjadi petani seperti pada contohnya menjadi guru, pengusaha dan sebagainya.

Dilihat dari keseniannya Tanah Sunda dikenal memiliki aneka budaya yang sangat unik dan menarik seperti Jaipongan. Jaipongan adalah salah satuseni budaya yang terkenal dari daerah ini. Jaipongan atau yang biasa kita sebutsebagai Tari Jaipong ini adalah tarian yang sudah modern karena merupakan modifikasi atau sebuah pengembangan dari tari tradisional khas Sunda yaitu Ketuk Tilu. Ketika tarian ini di pentaskan Tarian ini dibawakan dengan iringan musik yang khas juga yaitu Degung. Musik ini merupakan kumpulan dari berbagai alat musik seperti Kendang Gong, Kecapi, dsb. Ciri yang sangat menonjol dari tarian ini adalah musinya yang mengentak, dimana ketika alat musik kendang terdengan paling keras selama mengiri tarian Jaipong. Tarian ini biasanya dibawakan berpasangan ataupun berkelompok. Tari Jaipong juga sering di pentaskan di acara-acara hiburan atau pesta pernikahan.  
          Selanjutnya adalah selain seni tari tersebut, tanah Sunda juga terkenal dengan seni suaranya. Jika sedang diiringi musik degung biasanya ada seseorang penyanyi Sunda yang membawakan lagu-lagu Sunda dengan nada dan alunan yang sangat khas. Penyanyi ini biasanya adalah seorang wanita Sunda yang biasa kita sebut sebagai sinden. Perlu anda ketahui bahwa tidak sembarangan orang untuk dapat menyanyikan lagu Sunda yang dibawakan oleh seorang Sinden karena nada dan ritme nya tidaklah mudah alias cukup sulit. Berikut adalah salah satu lagu daerah Sunda : Bubuy Bulan, Es Lilin, Manuk Dadali Dan Lain Sebagainya.

                 Oh iya hampir lupa, Bahasa yang digunakan oleh orang Sunda adalah Bahasa Sunda. bahasa yang asli diciptakan dan digunakan sebagai alat berkomunikasi orang-orang Sunda, dan juga sebagai alat pendukung kebudayaan Sunda itu sendiri. Selain itu Bahasa Sunda merupakan bagian dari kebudayaan yang memberi karakter khas sebagai identitas suku Sunda yang merupakan salah satu suku dari beberapa suku yang ada di Indonesia. Saya kira cukup sampai disini pembahasan tentang kebudayaan keluarga Sunda, mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penulisan. Terima kasih telah membaca :)


Referensi 
http://hilarioscumbag.wordpress.com/kebudayaan-sunda/
http://kartikasari391.blogspot.com/2012/10/kebudayaan-sunda.html


No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.