Tuesday, November 25, 2014

Peranan Diri Sendiri dalam Menegakkan Hukum di Indonesia

             

             Sebelum membahas mengenai menegakkan hukum di Indonesia, kita harus paham apa yang dimaksud dengan hukum itu sendiri. Hukum merupakan sebuah sistem peraturan yang dibuat oleh negara sesuai dengan undang-undang baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur tata tertib dalam masyarakat dan terhadap pelanggaran yang umumnya dikenakan sanksi. 
Pengertian hukum menurut beberapa ahli:

      a. Hugo de Groot”De jure Beli ac Facis ( 1925 )
          Hukum adalah peraturan tentang perbuatan moral yang menjamin keadilan.

      b. Leon Duguit
          Hukum adalah aturan tingkah laku anggota masyarakat,aturan yang daya penggunaanyapada               saat tertentudiindahkan oleh masyarakat sebagai jaminan dari kepentingan bersamadan                         pelangaran terhadapnya akan mernimbulkan reaksi bersama terhadap pelakunya.

      c. Drs.E.Utrecht,SH
          Hukum adalah himpunan peraturan ( pemerintah larangan )yang mengurus tata tertib suatu                   masyrakat dank arena itu harus ditata oleh masyarakat itu.


            Menegakkan hukum adalah tugas penegak hukum, mereka yang bergerak di bidang hukum dan saling berkaitan. Mereka adalah kepolisian, Kejaksaan. Polisi tentu menjadi badan yang bergerak langsung ke sasaran pelanggaran hukum, mereka menangkap pelaku dan mengumpulkan bukti-bukti yang diperlukan di peradilan nanti oleh majelis kehakiman. Tetapi pada kenyatannya dalam penegakan hukum disebuah daerah/instansi bukan cuma peran badan-badan hukum tersebut yang bisa menentukan keberlangsungan kehidupan hukum suatu daerah, kita juga bisa menjadi bagian dari penegak hukum di Indonesia.
            
            Dalam menegakkan hukum, kita harus mempunyai sikap yang kokoh agar kita sendiri kuat untuk menghadapi rintangan-rintangan yang dialami ketika kita menegakkan hukum. salah satu contohnya adalah kita harus mempunyai kejujuran yang tinggi. Kenapa harus memiliki kejujuran yang tinggi ? karena kejujuran adalah hal yang utama dan terpenting yang harus kita miliki dalam menegakkan hukum, bagaimana mungkin seseorang menganggap dirinya adalah paling benar dan taat pada hukum kalau dia sendiri tidak jujur 

            Itulah peranan diri sendiri sebagai WNI dalam menegakkan hukum di Indonesia. Jika kita ingin menegakkan hukum, kita harus melihat diri kita sendiri terlebih dahulu apakah diri kita sudah taat pada peraturan yang ada? apakah diri kita sudah pantas untuk menegakkan hukum? jika belum marilah benahi diri sendiri terlebih dahulu. Dan sebagai warga negara Indonesia yang baik marilah kita berperilaku jujur dalam segala hal dan menaati peraturan yang ada agar hukum di Indonesia dapat ditegakkan.



Referensi :
http://loakon-inc.blogspot.com/2013/09/cara-menegakkan-hukum-pelanggaran-untuk.html
http://jaenal-abidinbin.blogspot.com/2012/03/penegakan-hukum-di-indonesia.html

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.