Thursday, September 24, 2015

Tugas Individu Teori Organisasi Umum


Pertanyaan : 
1. Menurut saudara apa pengertian organisasi ?
2. Tuliskan, jelaskan dan berikan contoh mengenai sebab atau alasan timbulnya kelompok!
3. Jelaskan dan berikan contoh mengenai salah satu bentuk organisasi yang anda ketahui!



Jawaban :
2. Alasan keamanan


1. Organisasi adalah suatu wadah perkumpulan orang-orang yang mempunyai visi, misi dan tujuan yang sama dan didalamnya terdapat pembagian tugas, tanggung jawab dan memiliki wewenang masing-masing. karena dengan berkelompok individu merasa lebih aman
contohnya : ketika suatu organisasi ingin melakukan sebuah aksi atau demo mereka akan lebih nyaman jika berorasi ramai-ramai.
Alasan status dan harga diri
karena setiap individu juga membutuhkan status dan memiliki harga diri dalam lingkungan masyarakatnya.
Contohnya : ketika seseorang mengikuti sebuah organisasi, orang tersebut akan merasa bangga karena dirinya telah ikut dalam sebuah organisasi. 
Alasan kebersamaan
karena manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang memiliki kecenderungan berinteraksi dengan manusia lainnya.
Contoh : dalam sebuah organisasi semua kegiatan organisasi tersebut pasti selalu dilaksanakan dengan kerja sama / kebersamaan.
Alasan kekuatan 
karena dengan berkelompok kekuatan yang ditimbulkan untuk memperjuangkan tujuan dan kepentingan, akan lebih besar dibandingkan jika  mereka berusaha mewujudkannya secara sendiri-sendiri.
Contohnya: jika sebuah organisasi sedang berorasi mereka akan lebih kuat jika massanya banyak dibandingkan berorasi jika massanya sedikit.
Alasan pencapaian tujuan 
karena setiap individu memiliki keinginan, tujuan, dan kepentingan yang menuntut pemuasan, sementara pemuasan itu tidak dapat dicapai secara individu, atau dengan kata lain, membutuhkan bantuan individu lain dan kelompok untuk mewujudkannya.
Contoh: Jika organisasi tersebut ingin menjalankan suatu acara atau event maka harus di capai secara bersama-sama tidak bisa dilakukan sendiri.

3. Organisasi garis
  Organisasi garis diciptakan oleh Henry Fayol dengan ciri-ciri organisasi: jumlah karyawan sedikit, pimpinan dengan karyawan saling mengenal, kepala unit mempunyai wewenag dan tanggung jawab penuh, dan tingkat spesialisasi belum terlalu tinggi
Contohnya : Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi & Informasi Universitas Gunadarma. Di dalam organisasi tersebut terdapat ketua dan wakil ketua serta terdapat struktur kepengurusan yang memiliki tanggung jawabnya masing-masing. Kebetulan saya juga telah terdaftar sebagai anggota aktif kepengurusan BEM Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi Universitas Gunadarma periode 2015/2016. Di BEM FIKTI terdapat 4 bidang yang dibentuk yaitu: Bidang Sosial, Bidang Pendidikan & Keilmuan, Bidang Relasi. dan Bidang Seni dan Olahraga. 
Bidang Pendidikan & Keilmuan terbagi lagi menjadi dua departemen yaitu : Akademik &  PSDM. Bidang Sosial terbagi menjadi dua yaitu : Pengabdian masyarakat dan Hubungan Masyarakat. Bidang Relasi terbagi menjadi dua yaitu : Kewirausahaan & Kemitraan, Media dan Pengembangan Teknologi Informasi. Bidang Seni dan Olahraga terbagi menjadi dua yaitu : Olahraga & Seni

1 comment:

  1. Amazing blog and very interesting stuff you got here! I definitely learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment on this one!

    ReplyDelete

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.