Sunday, October 2, 2016

Apa itu Teknologi Sistem Cerdas ?



Hai sahabat blogger, pada kali ini pembahasan kita tidak berbeda jauh dengan postingan yang sebelumnya yaitu saya akan membahas tentang Teknologi Sistem Cerdas. Pertama saya akan bahas dahulu apa itu teknologi? Secara umum, teknologi didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Tetapi ada juga definisi lain yakni teknologi sebagai sains terapan, khususnya para ilmuan dan insinyur. Dalam penggunaan ini, pengertian teknologi mengacu pada alat dan mesin yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah di dunia nyata.



Pada era sekarang ini perkembangan teknologi sangat cepat sekali, salah satu contohnya adalah munculnya teknologi sistem cerdas atau biasa disebut sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligent). Pada zaman sekarang ini hampir seluruh pekerjaan manusia dibantu dengan teknologi, tak bisa dipungkiri teknologi sangat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya bahkan teknologi mampu mengganti peran manusia dalam dunia nyata. Kecerdasan buatan ini sudah banyak di terapkan di perusahaan-perusahaan industri, contohnya industri otomotif seperti pembuatan kerangka mobil, pengecatan, dll hampir semuanya dikerjakan oleh robot yang dikendalikan oleh komputer dan manusia hanya melengkapi atau sebagai operatornya saja.


Contoh lain dari teknologi sistem cerdas adalah auto pilot yang ada di dalam sebuah pesawat. Autopilot atau pilot otomatis adalah perangkat untuk mengontrol atau memandu pesawat terbang, pesawat ruang angkasa, kapal, misil (peluru kendali), atau kendaraan lain tanpa harus terus-menerus membutuhkan campur tangan manusia.Dalam dunia penerbangan, autopilot disebut dengan nama Automatic Flight Control System (AFCS). Perangkat AFCS adalah bagian dari avionic pesawat terbang, merupakan system elektronik yang digunakan untuk mengontrol sistem kunci dari pesawat dan penerbangan. Selain sistem kontrol penerbangan, avionik juga berfungsi dalam komunikasi elektronik, navigasi, dan untuk mengetahui keadaan cuaca pada lintasan penerbangan. Dari kedua contoh diatas teknologi sistem cerdas saat ini sudah sangat canggih bukan ?

Teknologi di zaman sekarang memang tidak ada habisnya, teknologi akan terus berkembang, hal ini untuk mempermudah melaksanakan berbagai macam aktifitas manusia. Namun disatu sisi yang terpenting adalah ketika manusia mampu menciptakan suatu teknologi sistem yang cerdas, manusia juga tidak boleh kalah dengan teknlogi ciptaannya sendiri.

Referensi : 

http://www.artikelteknologi.com/2015/05/definisi-teknologi-dan-pengertian-teknologi.html
http://aeronusantara.blogspot.com/2012/10/autopilot-pilot-otomatis-pesawat-terbang.html


No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.