Monday, June 12, 2017

Tutorial cara menggerakan objek anak kecil pada Synfig Studio

Nama   : Adhari
              Claudia Chintami
              Dimas Herlambang
Kelas   : 3KA23

Tutorial cara menggerakan objek anak kecil pada Synfig Studio

            Pada tugas kali ini, kami akan menjelaskan tutorial membuat objek yang kita inginkan menjadi bergerak pada Synfig Studio. Sebelumnya kami sudah memberikan tutorial pembuatan objek yang akan digunakan untuk animasi pada video edukasi untuk pembelajaraan anak yang akan dibuat nantinya, untuk pembuatan objek kelompok kami menggunakan software Adobe Illustrator CS6. Objek yang telah kami buat adalah objek anak kecil, dimana objek tersebut hanya berupa gambar diam, nah pada tugas kali ini kami akan membuat objek tersebut menjadi bergerak dengan.
            Hal pertama yang akan kita lakukan adalah membuka aplikasi Synfig Studio yang telah kita download, kalian dapat mengunduhnya di www.synfig.org. Jika sudah kita unduh, kita bisa membuka aplikasinya.



Kemudian, import gambar objek yang ingin kita gerakan. Jika sudah mengimport objek yang diinginkan,layer yang ada dimasukkan ke dalam group layer dan kita dapat memberikan nama untuk group layer kita. Untuk membuat group layer bisa dengan cara mengklik kanan pada layer yang ingin dibuatkan group dan klik group layer, maka akan seperti ini


Untuk mengatur ukuran objek agar dapat pas dengan kanvas dan terlihat semua, kita dapat megaturnya dengan menarik garis yang kotak yang ada dilayar, seperti gambar di bawah ini.

Kemudian pilih folder yang ada di group layer atau image group, klik kanan pada image group dan pilih new layer distortions skeleton deformation


Lalu kita tidak perlu menceklis pada layer skeleton deformation, hanya group layer dan image layer yg diceklis, tp skeleton deformation tidak perlu di ceklis.



Setelah itu kita bisa memulai untuk menggerakan objek. Sebelumnya kita harus menentukan bagian mana yang ingin kita gerakan,dengan kotak hijau yang ada pada layar. Kita dapat menarik bulat-bulat yang ada di kotak hijau dengan garis putus-putus untuk mengcover seluruh objek dari wajah hingga kaki.
Kemudian untuk mengatur bagian mana yang akan kita gerakan, kita bisa menarik atau memindahkan satu garis dengan buletan hijau, pada area yang ingin kita gerakan. Lalu klik kanan dan pilih create child bone, lalu klik kanan lagi dan pilih create child bone kali ini kita tarik garis tersebut ke atas, atau area yang kita inginan. Kita dapat mengulangi hal tersebut, pada bagian objek tangan, dll dan kita sudah mempunya basic skeleton set up untuk objek yg ada.


Bagimanapun juga agar objek dapat berubah, kita butuh influencer areas atau area yang dpt dipengaruhi untuk masing-masing bone. Untuk menunjukan area yang dipengaruhi atau influence areas, kita bisa klik toggle with handles pada bagian atas kanvas maka akan muncul warna ungu untuk kita gunakan apabila kita ingin meningkatkan area yang di pengaruhi oleh bones.



Lalu setelah itu kita bisa menetapkan bone untuk megcover kepala, tangan, badan, dan kaki.



Lalu kita bisa menceklis bagian layer skeleton deformation, dimana setelah kita menceklis gambar menjadi berantakan tidak jelas. Hal tersebut karena kita belum reset, untuk meresetnya klik kanan pada layer skeleton deformation lalu pilih reset pose




Ada beberapa part yang hilang yg tdk kita sadari. Hal tersebut karena mereka tidak ter cover semuanya oleh buletan, untuk itu un-ceklis layer skeleton deformation dan kita bisa mengcover seluruh objek agar tdk ada yg hilang lagi. Selanjut nya adalah klik toggle with handle untuk menon aktifkannya lalu klik turn on animate mode hingga layar canvas ada garis merah.

Untuk pembuatan animasinya anda bisa menggerakan node node yang terdapat pada objek animasi. Setiap frame buat lah pergerakan yang berbeda agak objeknya bergerak contoh seperti pada gambar berikut.

Jika sudah maka proses selanjutnya adalah merender, klik button yang bergambar kamera kemudian pilih ketikkan format .avi lalu klik render


Gambar animasi sudah jadi, untuk proses penambahan huruf hijaiyah dan penambahan music nya kami menggunakan adobe premiere untuk proses editing penyempurnaannya. Hasil animasinya dapat dilihat disini https://www.youtube.com/watch?v=_2AET2CFjR8. Sekian tutorial tentang pembuatan animasi menggunakan synfig kurang lebihnya mohon maaf terima kasih.


No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.