Thursday, April 27, 2017

Pembuatan Objek Animasi

Nama   :
·         Adhari
·         Claudia Chintami
·         Dimas Herlambang

Kelas   : 3KA23



                Hi, setelah post sebelumnya saya membahas tentang Synfig Studio, kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial dalam pembuatan objek yang akan digunakan nanti dalam synfig studio untuk pembuatan animasi. Nah, dalam pembuatan animasi itu sendiri kan sudah pasti kita membutuhan gambar untuk menjadi objek dalam animasi maka dari itu saya membuat post ini. Dalam pembuatan objek disini, kami membuatnya dengan software Adobe Illustrator CS6.


Hal pertama yang dilakukan dalam pembuatan gambar atau objek adalah merencanakan animasi apa yang akan kita buat. Nah karena kami akan membuat animasi semacam video edukasi untuk pembelajaran anak maka kami disini akan mencoba membuat objek sesosok anak kecil.

Let’s get started ...

Pertama-tama, buka software adobe illustrator nya kemudian klik file > new > kemudian akan muncul kotak dialog new document untuk mengatur ukuran canvas yang kita inginkan. Setalah diatur dan klik ok akan muncul tampilan berikut.


Langkah kedua adalah membuat background dengan menggunakan rectangle tool dengan ukuran sesuai canvas yang kita gunakan, disini saya memberikan warna orange untuk backgroundnya.


Hal pertama yang kita akan buat disini adalah bola mata dari karakter ini. Kita bisa menggunakan Ellipse Tool untuk membuat bola mata. Pertama kalian bisa membuat bulatan yang besar untuk matanya kemudian berikan warna putih dengan mengaturnya pada tool Fill pada sebelah kiri lalu buat lagi bulatan kedua tetapi dengan ukuran yang lebih kecil untuk bola matanya yang kemudian berikan warna hitam atau bebas. Kalian bisa meng-copy-paste mata yang sudah jadi dengan menggunakan ctrl-c untuk mengcopy dan ctrl-v untuk mempaste.


Kemudian kita akan melanjutkan dengan membuat bentuk wajah dari karakter tersebut, disini kami menggunakan circle tool untuk membuatnya. Klik circlr tool lalu arahkan dan klik pada canvas kemudian kalian bisa atur sesuai keinginan kalian dan berikan warna kulitnya dengan tool fill  pada sebelah kiri.


Lalu kita akan melanjutkannya dengan membuat alis dan hidungnya, disini kami menggunakan Pen tool kalian bisa menggunakannya dengan meng klik Pen Tool pada sebelah kiri kemudian buat alis dan hidung sesuai keinginan dan jangan lupa berikan warna yang cocok untuk keduanya.


Untuk membuat mulutnya, disini kami juga menggunakan Pen tool nah untuk lidahnya sendiri kami menggunakan circle tool yang kemudian digabungkan dengan mulut yang telah dibuat dengan menggunakan Shape Modes pada bagian pathfinder pada sebelah kanan atas.


Karena karakter yang akan kami buat adalah karakter anak kecil yang menggunakan peci atau penutupepala maka untuk membuat rambutnya menggunakan circle tool dan memberikan warna sesuai keinginan, kemudian taruh pada bagian belakang kepala dari si karakter tersebut.


Nah setelah itu buat peci atau penutup kepalanya, untuk pecinya sendiri kami membuatnya dengan Polygon Tool­ yang terletak sama pada tool ellipse maupun rectangle kemudian dipotong atau dicut menggunakan Scissors Tool.


­langkah selanjutnya adalah membuat leher dan badannya, untuk bagian leher kalian bisa menggunakan Rounded Rectangle Tool kalian tinggal atur membuatnya menjadi panjang seperti leher.


Nah untuk badannya, disini menggunakan Rectangle Tool  dan Ellipse Tool. Cara membuatnya adalah pertama kalian bisa membuat rectanfgle terlebih dahulu, kemudian buat Ellipse­ tetapi melebar kesamping kemudian kalian bisa satukan ketiga bagian tersebut menjadi satu dengan menggunakan Unites pada Shape Modes.



Selanjutnya adalah kita akan membuat tangan dan lengannya, disini kita menggunakan Rounded Rectangle Tool yang kemudian diatur sedemikian rupa sehingga berbentuk lengannya. Untuk tangannya menggunakan Rectangle Tool dan Rounded Rectangle Tool yang kemudian digambuangkan sehingga berbentuk tangan. Kemudian kalian tiggal hanya mengcopy dan paste tangannya sehingga memiliki kedua tangan.



Berikan sedikit hiasan pada baju sehingga terlihat seperti baju muslim atau koko sesuai karakter yang akan dibuat disini yaitu karaketer anak kecil yang sedang belajar mengaji. Disini tinggal menggunakan Rectangle Tool  untuk kedua kantungnya dan Ellipsse Tool untuk kancingnya.


Kemudian kita bisa membuat kupingnya dengan Ellipse Tool.



Nah last but not least, kita melanjutkannya dengan membuat kedua kakinya..
Disini ita menggunakan Rectangle Tool kembali, buatlah sesuai ukuran layaknya kaki seseorang beserta sepatu dengan menggunakan Ellipse Tool yang kemudian di potong. Sehingga hasilnya akan seperti ini.


Nah jadilah karakter yang kami buat pada tahap pembuatan  objek kali ini, pada tahap selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana membuat video animasi edukasi untuk pembelajaran anak dengan menggunakan Synfig Studio dengan menggunakan objek yang telah kita buat ini, So Stay Tune!
Terima Kasih.



No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.