Saturday, March 25, 2017

Sekilas tentang Synfig Studio by Adhari

Kali ini saya akan mereview sebuah software open source / gratis untuk membuat animasi 2 dimensi. Seperti yang kita ketahui animasi adalah gambar yang bergerak dan berbentuk dari sekumpulan objek atau gambar yang disusun secara teratur mengikuti pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan waktu yang terjadi (frame rate per second). Objek animasi bisa berupa gambar manusia, tulisan, hewan dan lain lain. Pada saat proses pembuatan animasi kita harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam menentukan alur gerak animasi akan menghasilkan animasi yang bagus dan menarik.

Software yang akan saya bahas bernama Synfig Studio. Synfig Studio merupakan aplikasi desain grafis untuk pembuatan animasi 2D. Aplikasi ini dapat menciptakan atau membuat film animasi yang cukup baik. Aplikasi Synfig studio pada awalnya dikembangkan oleh Robert Quattlebaum dengan nama studio animasi Voria Studios. Vorio Studios menggunakan menggunakan Synfig untuk keperluan internal, tetapi dalam perjalanannya Vorio Studios ditutup dan akhirnya aplikasi perangkat lunak pembuat animasi 2D dirilis sebagai aplikasi open source dengan nama Synfig studio.

Synfig studio adalah aplikasi untuk pembuatan animasi 2D yang bersifat open source dan bisa didapatkan secara gratis. Aplikasi Synfig tersedia dalam beberapa flatform seperti Windows, Mac OS dan Linux. Interface aplikasi Synfig terdiri dari 7 jendela yaitu : toolbox, canvas, layer, navigator, transform tool, time track, parameters. Jendela toolbox berisi berbagai tool atau alat untuk membantu membuat objek atau animasi terdiri dari 20 icon yang masing-masing dari setiap iconnya memiliki fungsi khusus. Lalu kemudian jendela canvas adalah jendela utama tempat kita mendesain sebuah objek atau menggerakan animasi. Jendela layer berfungsi untuk mengatur urutan layer yang digunakan dalam mengedit sebuah animasi. Jendela navigator berfungsi untuk menzoom in atau menzoom out ukuran canvas yang sedang digunakan. Jendela transform tool berguna untuk memutar atau mengubah ukuran bentuk objek di dalam sebuah animasi yang sedang dibuat. Jendela time track adalah tempat dimana kita akan mengatur pergerakan dalam animasi yang sedang kita buat, setiap pergerakan dalam animasi kita akan terekam disini menggunakan satuan unit fps(frame rate per second), dan yang terakhir jendela parameters adalah setiap objek atau gambar yang kita gunakan dalam membuat animasi dapat kita ubah value nya di jendela parameter ini, seperti contohnya kita mengubah warna, feather, origin dll.



Untuk menggunakan aplikasi Synfig, kita dapat mengunduh nya dari situs resmi Synfig Studio yaitu http://www.synfig.org/ ukuran file installer nya relative kecil hanya 89Mb. Langkah dalam menginstallnya juga cukup mudah hanya tinggal jalankan installer nya dan mengikuti alur yang ada pada installernya. Setelah penginstalan selesai kita dapat langsung menggunakan aplikasi Synfig.
Seperti yang telah saya jelaskan diatas, synfig dapat menciptakan animasi yang tidak kalah keren dengan aplikasi seperti adobe flash/adobe after effect. Aplikasi ini sangat ringan dan stabil sebagai aplikasi pengolah gambar/grafis, dengan tampilan interface yang menarik aplikasi ini dapat dengan mudah digunakan oleh pengguna yang baru belajar mengenai animasi 2 dimensi. Media pembelajaran pembuatan animasi menggunakan aplikasi Synfig juga tersedia di situs youtube namun sayangnya tutorialnya tidak banyak jika dibandingkan dengan aplikasi seperti adobe flash atau adobe after effect.

Aplikasi ini juga memiliki banyak kekurangan dari segi toolsnya seperti mengubah jenis dan ukuran font atau kata tertentu dalam sebuah kalimat masih belum dapat dilakukan. Pemilihan font tidak disediakan dalam bentuk list, sehingga harus diketik terlebih dahulu, hal ini tentu saja menyulitkan ketika kita akan membuat sebuah kalimat dalam animasi. 

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.